Renovasi Rumah Style Bali

Renovasi rumah style Bali ini adalah pekerjaan desain rumah yang dipercayakan oleh rekan saya ronda di Bantul Jogja. Beliau membeli sebuah rumah 1 lantai di daerah Giwangan, Jogjakarta yang kemudian ingin direnovasi menjadi 2 lantai.  Adapun kondisi rumah eksisting sebenarnya sdh cor plat untuk lantai 2, tapi berhenti sampai disitu. Jadi memang dari awal oleh pemilik asli rumah ini sdh direncanakan untuk dinaikan menjadi 2 lantai. Maka itu pekerjaan renovasi yang kemudian dilakukan Pak Tri tidak terlalu banyak membongkar bangunan eksisting karena secara struktur sudah terpenuhi kelayakannya. Selain itu tentu supaya bisa berhemat juga.

Seperti yang tadi kami sampaikan di awal, bahwa tidak banyak yang kami rubah dari bangunan eksisting. Hanya sedikit pembongkaran pada 1 unit kamar tidur yang kemudian kami rubah menjadi area dapur dan ruang makan. Selanjutnya kamar tidur kami pindahkan ke lantai atas, menyisakan kamar tidur utama di lantai 1. Dan terlampir adalah layout denah yang sudah kami susun :

renovasi rumah Bali
Denah rumah yang direnovasi

Konsep yang kami tawarkan dalam melayout denah renovasi rumah style Bali ini antara lain :

  1. Menata setiap ruangan supaya nanti memiliki bukaan luar untuk masuknya cahaya matahari dan juga tempat mengalirnya udara sehingga setiap ruangan akan nyaman dan terjaga suhu ruangannya, tanpa terlalu tergantung pada pemakaian AC dan lampu.
  2. Membagi zona ruang berdasarkan lantai. Jadi ruang-ruang publik diletakkan di lantai bawah, kecuali ruang tidur utama karena juga berfungsi untuk pengawasan. Adapun di lantai atas kami tempatkan ruang-ruang yang lebih private. Hal ini untuk mejaga kegiatan penghuni rumah tetap nyaman kedepannya.
  3. Lahan berada di posisi hook sebenarnya. Ada gang kecil di samping. Maka kemudian kami juga membuat pintu samping untuk bisa mengakses gang kecl ini.
  4. Karena rumah ini hanya memiliki cerport, kemudian kami usulkan untuk membuat garasi kecil untuk motor di sisi samping sekaligus untuk mempertegas batas lahan sebelah gang.
  5. Menghilangkan pagar. Karena jalan di depan lebar terbatas, tidak jarang halaman rumah dimanfaatkan untuk memutar kendaraan. Memang baik banget Pak Tri ini dah. Ha..ha..

Cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk melayout denah rumah ini. Namun hasilnya memang bagus. Meski kemudian ternyata ada beberapa penyesuaian yang dilakukan dalam proses pembangunan. Tapi tentu tidak mengubah konsep yang kita sepakati bersama. Yaitu style rumah bali. Yup, bangunan ini kemudian kami ambil bentuknya dengan mengusung style Bali setelah banyak mencari referensi yang pas. Dan pilihan ini terbukti benar. Karena kemudian ketika bangunan ini selesai, banyak orang memuji desain rumah ini. termasuk pujian ini datang dari keluarga Bapak Busro Muqodas mantan ketua KPK kita. Kebetulan rumah beliau persis berada diseberang rumah yang direnovasi. Dan inilah tampilan 3D bangunannya.

renovasi rumah Bali
3D tampak depan rumah setelah direnovasi bergaya Bali
renovasi rumah Bali
3D perspektif rumah setelah direnovasi bergaya Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *