Desain Rumah Bergaya Bali, Palangkaraya

Desain Rumah Gaya Bali

Desain Rumah Bergaya Bali

Beberapa hari yang lalu kami Jasa Arsitek Jogja Jasa Arsitek Jogja menerima permintaan desain dari Pak Iman dari Palangkaraya. Klien yang sangat bersemangat dan ramah. Dan tentu agak membanggakan ketika beliau meminta didesainkan rumah tinggal bergaya Bali dari referensi gambar rumah tinggal yang pernah kami kerjakan di Jogja. Tentu saja dengan beberapa penyesuaian karena terdapat perbedaan ukuran lahan dan terutama posisi lahannya sendiri yang berada di hook. Belum lagi kami harus menyesuaikan keinginan beliau untuk beberapa perubahan lain semisal minta dibuatkan kolam ikan serta adanya perluasan di daerah dapur. Desain yang direferensikan memiliki dapur outdoor, sedangkan istri Pak Iman menginginkan dapur di dalam rumah yang menyatu dengan ruang keluarga. Selain itu terdapat beberapa tambahan lain yang bersifat minor. No problem.

1. Denah Rumah Pak Iman, Palangkaraya

Denah rumah kami susun menyesuaikan permintaan Pak Iman untuk kebutuhan ruangnya. Beberapa catatan terkait bagaimana kami mengkonsep denah rumah ini antara lain :

  1. Ketika mendesain sebuah rumah, penataannya kami atur supaya setiap ruangan memiliki pencahayaan yang cukup dan sirkulasi udara mengalir lancar. Selain supaya lebih hemat energi, alasana lainnya adalah demi kesehatan. Konsep ini juga yang kami terapkan untuk rumah tinggal Pak Iman. Untungnya memang, lahan yang akan dibangun cukup luas. Sehingga menatanya menjadi lebih mudah.
  2. Kebutuhan ruang kami sesuaikan dengan permintaan Pak Iman. Ada 3 kamar tidur dengan salah satunya kamar tidur utama yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Dari kamar utama juga kami lengkapi dengan akses pintu kaca menuju gazebo dan kolam di belakang. Pintu ini sekaligus berfungsi sebagai jendela untuk memasukan cahaya ke dalamnya.
  3. Ruang keluarga dibuat lega tanpa sekat dengan ruang tamu dan dapur. Rumah ini adalah rumah singgah untuk keluarga Pak Iman. Jadi suasana rumah kami usahakan senyaman mungkin mendekati konsep villa.
  4. Area belakang adalah area bersantai. Jelas. Maka itu kami buatkan atmosfir suasana villa di sana, dengan dibuatnya dek teras, gazebo serta kolam untuk bersantai dengan perkuatan pada landscapenya. Diharapkan rumah ini akan benar-benar nyaman ketika kelak ditempati.
  5. Pemanfaatan kayu ulin yang ada banyak di Palangkaraya. Ini adalah ide menarik yang kami terima dari Pak Iman. Maka kayu ulin kami manfaatkan untuk dijadikan pagar sehingga rumah ini memiliki karakter yang semakin kuat.

Dengan berbagai konsep yang kami tawarkan di atas, tentu saja harus didukung dengan desain yang elegan dan mencerminkan rumah Bali dengan suasana villa yang kental. Sehingga menjadi sinkron antara estetika yang ditawarkan dengan fungsi bangunan nantinya. Dan terlampir adalah 3D bangunan yang telah kami desain.

2. Tampak Rumah Tinggal Pak Iman Dengan Pagar
3. Tampak Rumah Tinggal Pak Iman Tanpa Pagar
4. Tampak Taman Belakang Rumah Pak Iman

Demikian artikel terbaru dari kami tentang Desain Rumah Bergaya Bali Semoga berkenan dan menginspirasi ya. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *