Rumah Mezzanine, Bantul

Rumah Mezzanine, Bantul ini adalah desain yang belum lama ini kami selesaikan. Berlokasi di Perumahan UMY di Kasihan, jadi berada tidak jauh dari kantor DRI juga. Sebelum kemarin memulai desainnya, terlebih dahulu kami survey ke lokasi dan menemukan fakta bahwa lahan yang akan dibangun ini ternyata berkontur. Terdapat selisih 1 m lebih tinggi antara posisi lahan dari jalan kawasan. Tentunya ini menjadi tantangan menarik untuk kami.  Apalagi ternyata owner, Mbak Sofa, memiliki pemikiran yang sama dengan tim kami yaitu bagaimana memanfaatkan kontur ini untuk nantinya membuat rumah split level. Ide utama dari owner berdasarkan referensi yang sudah mereka kumpulkan adalah mereka menginginkan rumah tinggal mereka nanti memiliki  mezzanine dan ini tentu menjadi ide yang menarik juga.

Sebenarnya apakah mezzanine itu? Secara sepintas bisa dijelaskan bahwa Mezzanine adalah lantai atau ruang tambahan fungsional yang berada di antara langit-langit plafon dan lantai. Untuk fungsi Mezzanine yang akan dibuat nanti oleh owner akan difungsikan sebagai ruang kerja suami. Dan bagaimana eksekusinya bisa dilihat dari denah yang telah kami susun :

Denah Lantai 1 Rumah Mezzanine
Denah Lantai 2 Rumah Mezzanine
Gambar Potongan A-A’ Rumah Mezzanine

Beberapa catatan dari kami untuk desain rumah mezzanine ini antara lain :

  1. Ada beberapa catatan dari owner yang menjadi perhatian kami. Yang pertama bahwa mereka menginginkan dinding rumah mereka tidak menempel batas lahan. Hal ini bisa kami selesaikan. Tapi tentu konsekuensinya adalah bahwa ruangan di area rumah akan menjadi lebih terbatas. Setiap ruangnya akan berukuran kecil, namun tetap memenuhi standar minimal ruang. Tapi hal ini justru disukai oleh owner mengingat bujet mereka membangun rumah juga terbatas. Rumah denga luasan kecil menjadi cukup masuk akal.
  2. Catatan lain adalah mengenai layout dan kebutuhan ruang. Owner meminta ada 3 ruang tidur untuk rumah tinggal ini dengan 2 kamar mandi luar. Dapur inginnya mereka berada di area luar. Dan hal inipun sudah bisa kami selesaikan. Bisa dicek digambar denah yang kami lampirkan di atas.
  3. Dengan beberapa catatan dari owner di atas, kami tetap berupaya mengoptimalkan potensi setiap ruang. Kami berupaya mengatur setiap ruangannya terbuka dan menerima cahaya alami dengan maksimal. Sirkulasinya kami atur senyaman mungkin. Tidak ada ruang negatif yang tersisa.
  4. Adapun tampilan bangunan, juga telah kami sesuaikan sesuai referensi yang diinginkan oleh owner. Mengambil bentuk rumah scandinavia. Setelah melalui beberapa kali tahapan revisi, pada akhirnya kami sepakat bahwa hasil desain yang akhirnya kami selesaikan bersama cukup baik dan memuaskan.

Dan terlampir adalah tampilan 3D bangunan untuk desain rumah mezzanine yang telah kami selesaikan. Semoga menginspirasi ya.

3D Tampak Depan Rumah Mezzanine
3D Tampak Perspektif 1 Rumah
3D Tampak Perspektif 2 Rumah
3D Tampak Perspektif Atas Rumah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.