Ruko 2 Lantai Bapak Caroko di Klaten

Mendesain sebuah ruko merupakan sebuah pekerjaan yang susah-susah gampang. Menata denahnya mungkin tidak terlalu sulit karena sebuah ruko biasanya dominan terdiri atas ruang kosong untuk nanti menempatkan barang dagangan. Kesulitan mendesain sebuah ruko terletak pada desain fasadnya serta menata interiornya dengan tema yang unik tentu saja. Kita diibaratkan mendesain image dagang. Maka sudah sewajarnya mendesain sebuah ruko menuntut keseriusan seorang arsitek sebagai bentuk tanggung jawab moralnya kepada klien.

Tapi ada yang berbeda dengan desain ruko yang kami kerjakan ini. Denah awal oleh klien memang diperbolehkan kami revisi sesuai dengan konsep yang biasa kami selesaikan, terutama terkait sirkulasi dan tata ruangnya. Tapi untuk fasad, bisa dikatakan hampir seluruhnya kami mengikuti kemauan klien. Peran kami sebagai arsitek hanya merapikan dan merenderkan saja. Tapi tentu saja hal demikian tidak masalah. Selama klien puas dan klik dengan desain yang kami selesaikan sudah kami nilai sebagai sebuah keberhasilan juga. Sebenarnya, seperti apakah desain rukonya? Kita cek bersama ya konsep yang kami tawarkan :

1. Denah Ruko Mr. Caroko
  1. Ruko ini berdiri di atas lahan berukuran 7mx25m. Sebagaimana ruko pada umumnya, ruko ini merupakan penggabungan antara toko dan rumah tinggal. Hanya saja di sini luasan ruko lebih kecil. Hanya berukuran 7mx10m saja, sedangkan sisanya adalah untuk rumah tinggal dan sisa lahan. Tidak ada pemisahan sirkulasi disini. Jadi untuk sampai ke rumah, penghuni rumah harus berjalan melalui ruko milik mereka. Dan ini tentu saja ide dari klien sendiri mengingat minimnya lebar lahan yang ada. Toko berada di lantai bawah posisi terdepan.
  2. Tetap saja ketika melewati toko, kami tempatkan ruang tamu sebelum menuju ke ruang lain yang lebih private. Ruang tamu di sini berperan sebagai ruang transisi. Selain ruang tamu, di lantai bawah terdapat ruang tidur, dapur dan ruang keluarga.
  3. Untuk lantai atas ditempatkan macam ruangan yang bersifat private. Ruang tersebut antara lain ruang tidur termasuk juga ruang tidur utama yang ditempatkan di depan, ruang keluarga, dapur, gudang, ruang cuci jemur dan balkon bersantai.
  4. Untuk penyelesaian fasadnya, kami banyak bermain ke gaya bangunan klasik. Dan hasil akhirnya klien cukup puas.

Dan terlampir di bawah ini, merupakan penampakan gambar 3Dnya. Semoga menginspirasi. Salam hangat dari kami tim DRI.

2. 3D Ruko Mr. Caroko
3. 3D 2 Ruko Mr. Caroko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *