Renovasi Fasad Rumah, Jakarta

Tahun lalu seorang klien, Bapak Irwan, meminta tolong tim DRI untuk membuatkan desain renovasi fasad rumah tinggalnya di daerah Lubang Buaya, Jakarta. Pada awalnya Pak Irwan meminta kami untuk membuatkan alternatif denah pengembangan dengan membongkar bangunan eksisting dan menggantinya dengan bangunan baru. Namun setelah mengetahui besarnya biaya yang harus dikeluarkan, jadilah akhirnya kami membuatkan desain renovasi rumah dengan catatan tidak banyak mengubah bangunan yang sudah ada. Hal ini dimaksudkan untuk menekan biaya renovasi supaya tidak terlalu tinggi.

Tidak banyak yang kami ubah dari denah eksisting di atas. Fokus kami terutama untuk merubah fasad bangunan lamanya, supaya kesan terhadap bangunan ini yang telah tampil sederhana selama bertahun-tahun akan bisa tampil lebih cantik dan dan terkesan modern. Serta tentu saja secara penggunaan beberapa detilnya akan menjadi lebih fungsional.

Beberapa perubahan yang kami tawarkan dalam konsep desain kami antara lain :

  1. Mengubah fasad bangunan supaya bisa tampil lebih modern dari sebelumnya bergaya etnik dengan pemakaian banyak material kayu. Sayangnya memang kayu yang dimaksud mulai terkikis termakan rayap sehingga menyebabkan fasad depan tidak rapi.
  2. Taman di depan kami ubah menjadi bagian dari carport. Peningkatan status sosial Bapak Irwan menjadikan beliau butuh carport yang lebuh luas dengan penambahan pos jaga di depan. Ruko yang sebelumnya ada kami ubah menjadi pos jaga tadi dan taman yang memanjang ke belakang. Supaya tampilan bangunan tetap asri dan hijau.
  3. Untuk area di lantai 2 kami tambahakan balkon untuk bersantai di area belakang. Supaya di waktu pagi dan sore ketika cuaca tidak terlalu panas menyengat, beliau bisa bersantai menikmati landscape halaman belakang rumah beliau yang cukup luas.
  4. Penambahan lainnya adalah mengubah beberapa fungsi ruangan, semisal kamar belakang kami ubah menjadi ruang makan dan dapur. Area yang mempertemukan ruang makan dan ruang keluarga kami buatkan kolam ikan untuk relaksasi visual. Area ruang makan yang sebelumnya kami tambahkan ke kamar utama untuk fungsi wardrobe dan akses keluar menuju Musholla di belakang yang memiliki view luas ke taman. Di masa tuanya, Pak Irwan berharap untuk bisa lebih intim bersama Tuhannya.

Adapun untuk visualnya, terlampir akan kami bagikan gambar 3Dnya. Semoga berkenan dan menginspirasi untuk dibuatkan desain yang serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *