Desain Renovasi Kavling Perumahan, Sleman

Beberapa waktu belakangan ini, ada banyak klien developer yang menghubungi tim kami untuk dibuatkan desain perumahan. Terutama area Jogja dan Klaten. Kelihatannya memang peluang bisnis untuk properti di sekitaran kota Jogja masih memiliki prospek yang baik. Hanya saja memang hampir semua orang tau, kebanyakan developer mengerjakan unit rumah mereka tidak sesuai spek. Apalagi alasannya jika bukan untuk mengambil keuntungan maksimal. Akibatnya unit rumah mereka sering tertimpa masalah. Bocor pada atap dan dak, dinding yang keropos, cat yang cepat pudar dan hal lainnya.

Kasus yang menimpa salah seorang klien kami lebih seram lagi. Atapnya rusak dan tinggal menunggu waktu untuk ambruk. Dan pada beberapa dindingnya mengalami kebocoran dan pecah struktur. Mas Anggi, klien kami iniĀ  meminta kami untuk merenovasi rumah beliau yang memang kondisinya tidak layak sama sekali. Hanya saja memang karena persoalan dana, Mas Anggi berharap tidak banyak pembongkaran yang dilakukan kecuali untuk bagian atapnya yang memang kondisinya sudah sangat mengenaskan. Dan kami setuju. Atap yang sebelumnya menggunakan strukutur kayu akan kami ganti menggunakan rangka atap baja ringan. Selain itu kami juga melakukan pembongkaran yang kami anggap perlu untuk membuat wajah baru pada rumah tinggal Mas Anggi ini.

1. Denah eksisting rumah Mr. Anggi

Konsep yang kami tawarkan dalam mendesain rumah tinggal Mas Anggi ini antara lain :

  1. Pembongkaran yang kami lakukan selain pada atap, juga pada teras rumah beliau. Secara bentuk kami sederhanakan, yang nantinya kami percantik dengan penambahan teras luar yang tertutup dengan kanopi. Hal ini untuk mengoptimalkan setiap inci ruang dari lahan Mas Anggi ini yang memang cukup sempit.
  2. Area belakang kami kembalikan menjadi lahan terbuka, dari yang sebelumnya oleh Mas Anggi sendiri diubah menjadi dapur. Hal ini untuk memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan dan juga supaya udara mengalir lancar sehingga suhu ruangan tetap terjaga.
  3. Untuk pintu masuk samping kami sesuaikan dengan posisi dapur yang akhirnya kembali kami masukan ke dalam ruangan. Terdapat teras samping yang kami buat non permanen untuk sekaligus mengcover lubang sumur di carport.
  4. Ada hal kecil yang kami lakukan pada pagar luar bangunan. Dikarenakan memang lahan carport sangat mepet, kami akhirnya membuat pagar dorong menggunakan railing. Hanya saja memang pada bagian pagar tadi kami buatkan pintu kecil untuk memudahkan akses penghuni masuk ke rumah tanpa repot mendorong pagar yang cukup berat tadi. Dan beginilah hasil olahan denah kami.
2. Denah renovasi rumah Mas Anggi

Ide desain untuk renovasi rumah ini bukanlah ide kami seluruhnya. Bisa dikatakan ini adalah hasil kolaborasi antara kami dan pemilik rumah. Hanya saja untuk tampilan bangunan, Mas Anggi dan Mbak Okta istrinya lebih mempercayakan pengolahannya kepada tim kami. Dan berikut adalah penampakan rumah tinggal Mas Anggi dalam 3D bangunan.

3. 3D rumah Mas Anggi dengan pagar terbuka
4. 3D renovasi rumah Mas Anggi dengan pagar tertutup

Demikian salah satu karya terbaru kami. Semoga bisa menginspirasi. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *