Rumah Mewah Memanjang di Bantul

Untuk proyek kali ini kami menemukan sebuah tantangan yang menarik terkait lahan yang dimiliki oleh seorang klien kami, Bapak Edy di Bantul. Lahan beliau berbentuk L memanjang ke belakang sekitar 31,5m. Total luas lahan sendiri adalah sekitar 300m2. Ada bagian lahan di sisi timur yang kemudian diikhlaskan beliau untuk jalan umum karena selama ini memang difungsikan seperti itu oleh masyarakat sekitar. Maka kemudian bentuk lahan kami atur supaya bangunan mendapatkan siku 90 derajat dan sisanya dipergunakan untuk jalan umum tadi.

Catatan dari Bapak Edy ketika kami akan memulai proses desain adalah bahwa beliau sering menerima tamu. Beliau meminta disediakan sebuah ruang untuk menerima tamu yang tidak biasa, dimana umumnya orang lain akan menerima tamu mereka di teras atau di ruang tamu. Bapak Edy juga meminta kami untuk menyediakan ruang kerja sekaligus tempat beliau bisa bersantai. Catatan lain adalah kami diminta menyediakan kamar lain selain untuk anggota keluarga inti yang membutuhkan 3 ruang tidur karena beliau memiliki 2 orang anak. Adapun untuk hal lainnya dipasrahkan kepada tim kami untuk diselesaikan. Kemudian kami susunlah denah sebagai berikut :

1. Denah Lantai 1 Rumah Bapak Edy
2. Denah Lantai 2 Rumah Bapak Edy

Beberapa konsep yang kami tawarkan dalam mendesain rumah tinggal Bapak Edy antara lain :

  1. Tentu saja kami akan mengupayakan setiap ruangan memiliki akses terhadap cahaya matahari dan bukaan angin sehingga kemudian kami mengusulkan untuk membagi massa bangunan menjadi 3. Hal ini supaya terbentuk lahan terbuka di area depan, di area tengah dan di area belakang bangunan untuk mensuplay masuknya cahaya matahari dan angin tadi.
  2. Kami membagi zonasi terhadap setiap massa bangunan dimana untuk Massa Bangunan 1 area depan kami fungsikan sebagai area servis dimana di lantai bawah merupaka garasi untuk peruntukan 2 mobil dan gudang serta Bapak Edy bisa menerima tamu di lantai 2 di atas garasi tadi yang disana disiapkan juga pantry kecil sehingga disinilah Pak Edy dan teman-temannya bisa nongkrong bareng dengan nyaman.
  3. Massa Bangunan 2 bersifat lebih private dimana di lantai 2 merupakan ruangan pribadi keluarga yang terdiri atas ruang tidur keluarga inti yang dilengkapi dengan ruang bersantai. Ada void yang berfungsi untuk menghubungkan lantai 2 ke lantai dibawahnya. Lantai 1 bersifat lebih terbuka. Di sinilah terdapat ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur tamu serta dapur bersih.
  4. Adapun Massa Bangunan 3 di belakang merupakan ruang yang sifatnya semi publik, dimana di lantai 2 terdapat ruang kerja Pak Edy yang dilengkapi dengan ruang bersantai dan ada kamar dilantai bawahnya. Area ini dibuat senyaman mungkin untuk Pak Edy menerima tamu yang sifatnya lebih ke bisnis. Kami siapkan ruang bersantai outdoor yang dilengkapi dengan kolam ikan dan terdapat juga dapur kotor yang fungsinya lebih untuk melayani kegiatan kerja dan Edy dan rekan-rekannya. Ada akses pintu di belakang sehingga kegiatan bekerja Pak Edy bisa dipisahkan dari kegiatan dari massa bangunan 2 di depan.
  5. Sedangkan area paling belakang merupakan area servis yang disitu terdapat ruang tidur pembantu dengan kamar mandi dan ruang cuci jemur.

Dan berikut adalah penampakan 3Dnya. Semoga menginspirasi.

3. 3D Perspektif Rumah Bapak Edy
4. 3D Perspektif 2 Rumah Bapak Edy

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *