Desain Rumah Mewah 1 Lantai, Tarutung

Ditengah kondisi merebaknya virus corona, alhamdulillah ada saja klien yang tetap berfikir positif untuk tetap menyiapkan desain rumah idaman mereka. Meski umumnya, pembangunan rumah ini baru akan dimulai ketika situasi dinilai sudah kondunsif. Salah satunya adalah klien kami Bapak Alfred dari Tarutung, Sumatera Utara. Mengingat asal saya sebagai arsitek di tim DRI ini juga berasal dari Medan, keakraban antara kami selaku owner dan arsitek begitu cepat terjalin. Dengan beberapa kali diskusi awal, kami bisa langsung menangkap style desain apa yang diinginkan oleh Bapak Alfred.

Bapak Alfred memiliki lahan berukuran 10mx18,75m. Beliau menginginkan desain sebuah rumah 1 lantai dengan kebutuhan ruang 3 kamar tidur dengan ruang keluarga yang terkesan lega. Adapun untuk referensi tampilan bangunan beliau sendiri yang menentukan, yang contoh ini diambil lewat browsing google. Dan terlampir adalah gambar layout denah yang berhasil kami susun :

Denah Rumah Bapak Alfred, TARUTUNG

Konsep yang kami tawarkan melalui coretan layout denah kami antara lain :

  1. Modul struktur rumah dan pembagian ruangnya kami bagi 3, yaitu 3m 4m dan 3m. Karena permintaan ruang keluarga harus lega, di modul tengah ini kami meletakan runag tamu, ruang keluarga dan ruang makan sehingga luasannya optimal. Hanya saja kami letakkan partisi antara ruang tamu dan ruang keluarga supaya privasi di zona semi publik lebih terjaga
  2. Selalu akan kami ulang, bahwa kami menyusun denah akan memastikan terlebih dahulu bahwa setiap ruangan memiliki pencahayaan alami yang cukup masuknya, sekaligus sirkulasi udara memiliki jalan sehingga rumah tinggal ini akan nyaman untuk ditempati.
  3. Untuk ruang tidur utama kami fasilitasi dengan ukuran yang lebih besar, kamar mandi dalam dan akses langsung menuju taman belakang dengan teras kecil untuk menikmatinya.
  4. Adapun ruang servis semisal ruang cuci jemur dan gudang, kami letakan di area belakang dan kami gesar ke kanan, supaya view dari ruang keluarga dan ruang makan tidak terganggu menuju taman.

Penyusunan denah ini telah melalui beberapa kali revisi untuk menyesuaikan permintaan owner. Sehingga pada revisi ke 3 kali, owner sepakat untuk melanjutkan denah ini ketahap pengolahan 3D. Pengolahan 3D sendiri juga melalui beberapa kali tahapan revisi. Tidak masalah. Prinsip kami, Owner harus klik dengan desain rumah mereka sehingga mereka akan nyaman ketika kelak menempati rumah tersebut.  Dan beginilah 3D yang telah kami susun.

3D Alternatif 1
3D Alternatif 2

Besar harapan kami, Bapak Alfred selaku owner merasa puas dengan desain yang kami selesaikan (dan kelihatannya memang begitu) dan tentu saja membangun dengan lancar rumah ini lewat jasa kontraktor pilihan beliau. Dengan gambar kerja detil yang kami selesaikan, harusnya tukang tidak mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembangunnannya. Demikian, semoga berkenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *