Desain Rumah Memanjang 6×23, Bantul

desain rumah memanjang

Desain rumah memanjang di lahan 6mx23m ini adalah sebuah proyek desain yang dipercayakan kepada kami oleh seorang klien bernama Mbak Etik di Sewon, Bantul. Lokasi lahan berada tidak begitu jauh dari Kampus ISI Jogjakarta. Mengapa bentuknya bisa memanjang, karena lahan berukuran tersebut tadi merupakan hasil pembagian dari orang tua beliau dimana sebidang tanah dibagi menjadi 4 unit kavling yang kemudian dibagikan ke anak-anaknya. Dikarenakan lahan berbentuk unik inilah kemudian Mbak Etik menghubungi kami karena beliau merasa kesulitan untuk mengeksekusi lahan tersebut untuk dibangun rumah di atasnya dengan kebutuhan 4 kamar tidur.

Ada hal baik tentunya ketika Mbak Etik meminta kami untuk mengeksekusi desain rumah ini. Karena tanpa pengetahuan yang cukup, akan sangat besar peluang terjadinya kesalahan sehingga rumah yang akan dibangun di atasnya menjadi tidak nyaman. Sebuah rumah dibangun perlu mempertimbangkan sirkulasi kegiatan di dalamnya, mempertimbangkan juga bagaimana udara mengalir sehingga rumah tidak pengap dan suhu ruangan terjaga, serta mempertimbangkan juga cahaya yang masuk ke dalam ruangan supaya terang di siang hari.

Dan terlampir adalah bagaimana kami mengolah denah rumah di lahan memanjang 6mx23m milik Mbak Etik.

denah rumah memanjang 6x23
1. denah rumah memanjang 6mx23m

Konsep yang kami tawarkan untuk desain rumah memanjang ini antara lain :

  1. membagi zona ruangan menjadi 2 dengan membagi lebar yang sama. 3m sebelah kanan untuk deret ruang tidur dan 3m sisi kiri untuk ruang publik sekaligus juga sebagai sirkulasi.
  2. Pada tengah ruangan kami buatkan taman terbuka yang nantinya akan tertutup kanopi dengan alasan keamanan tapi tetap mempertimbangkan bahwa cahaya akan masuk optimal untuk menerangi beberapa ruangan yang berada di sekitarnya. Kami juga menempatkan ruang terbuka di depan dan belakang bangunan dengan alasan yang sama.
  3. Atap bangunan diputuskan memakai model pelana untuk menghindari resiko kebocoran. Namun supaya bentuknya tetap proprsional karena bentuknya yang memanjang, sudut kemiringan atap diputuskan 30 derajat. Dengan demikian gunungan tidak terlalu tinggi dan air juga akan mengalir lancar ke arah depan dan belakang yang nanti akan langsung diserap tanah.
  4. Pembagian ruang kami upayakan sedemikian rupa sehingga rumah ini nanti akan nyaman ditempati. Kesulitannya terletak pada kebutuhan ruang tidur yang cukup banyak sehingga ruangan lain sedikit “mengalah”.

Dan terlampir adalah 3D untuk fasad bangunannya.

fasad depan rumah 6x23
2. 3D tampak depan rumah 6mx23m
desain rumah memanjang
2. 3D tampak depan rumah 6mx23m dengan pagar
perspektif rumah 6x23
4. 3D perspektif rumah 6mx23m

Demikian dari kami. Semoga desain rumah ini bisa memberi sedikit pencerahan kepada anda yang memiliki kasus sama terkait bentuk lahan yang unik tentunya. Salam sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *