Tahapan dan Contoh Desain Rumah Tumbuh

3D perspektif desain rumah tumbuh.

Selamat pagi rekan semua. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan rumah tumbuh itu? Rumah tumbuh adalah sebuah cara untuk membangun rumah secara bertahap dalam jangka yang cukup panjang karena beberapa alasan. Diantaranya semisal keterbatasan dana ketika pembangunan atau memang sudah merencanakan penambahan ruang ketika anggota keluarga bertambah nantinya. Ketika proses pembangunan dimulai, Anda tidak menghabiskan lahan yang ada, namun menyisakan sedikit ruang untuk dikembangkan sesuai dengan ketersiediaan dana serta kebutuhan penghuni di waktu yang akan datang. Itulah mengapa konsep ini dinamakan rumah tumbuh, karena rumah akan dipersiapkan “tumbuh” di masa yang akan datang.

Sesuai yang kami janjikan kemarin. Berikut adalah contoh gambar 3D ilustrasi rumah tumbuh dengan dilengkapi gambar denah berikut susunan furniturenya.

Pengembangan Denah Tahap 1

Pada tahap 1, kami mendesain rumah dengan 1 ruang tidur berikut dengan ruang pendukung lainnya, seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi dan dapur. Pada tahap ini terlihat masih banyak halaman yang kami sisakan.

Pengembangan Denah Tahap 2

Berikutnya pada tahap 2, kami mulai menambahkan 1 ruang tidur keluarga dan 1 ruang tidur pembantu yang kami tempatkan dihalaman belakang rumah dengan masih menyisakan halaman kosong untuk memungkinkan 2 ruang tambahan tadi mendapatkan cahaya alami dan pertukaran udara bebas. Bisa dilihat bahwa masih terdapat lahan kosong yang cukup luas di samping rumah. Secara tampak muka bangunan, fasad rumah pada tahap 2 masih terlihat sama dengan tampak muka pada tahap 1.

3D 1 Pengembangan Rumah Tahap 1 dan 2
3D 2 Pengembangan Rumah Tahap 1 dan 2

Dan pada tahap pengembangan 3 atau yang terakhir, lahan kosong di samping inilah yang kita olah menjadi ruang tambahan. Ruang tambahan dimaksud bisa untuk ruang tidur, ruang keluarga bahkan musholla keluarga. Dibuat 2 lantai dengan meletakan tangga dihalaman belakang sehingga area tangga tetap terang dan tidak membahayakan. Jadi dengan perencanaan yang matang sedari awal, desain akhir yang diperoleh pada konsep rumah tumbuh ini tetap indah dilihat secara visual serta layout ruang tidak terkesan dipaksakan. Hal ini dapat ditandai dengan mengecek bahwa setiap ruangan memiliki bukaan untuk masuknya cahaya matahari serta udara mengalir lancar dengan dibuatnya ventilasi yang cukup. Selain itu sirkulasi ruang tetap berfungsi maksimal. Terlampir denah dan gambar 3Dnya sebagai ilustrasi.

Pengembangan Denah Tahap 3
3D 1 Pengembangan Rumah Tahap 3
3D 2 Pengembangan Rumah Tahap 3

Demikian sedikit penjelasan desain rumah tumbuh dari kami. Jika ada pertanyaan berkaitan dengan tema desain rumah tumbuh ini, silahkan menghubungi tim kami. Akan dengan senang hati kami membuka peluang untuk berdiskusi. Semoga berkenan. Salam.

Bila Tertarik untuk mengaplikasikan desain ini,dan merencanakan membangun Rumah Idaman anda. Silahkan Hubungi kami dan konsultasikan Keinginan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *